Donnerstag, 29. März 2012

Surat Untuk Aa Tersayang di Surga



Salam sayang untuk aa tersayang. Aa, entah berapa lama Aa telah pergi meninggalkan keluarga ini. Aa itu adalah anak yang paling dibanggakan dikeluarga kita, karena Aa adalah anak laki-laki satu-satunya dikeluarga ini. Aa maafin teteh yah yang nggak bisa jadi teteh yang baik buat Aa.

Teteh jadi inget waktu Aa lahir, teteh masih tinggal sama nenek. Karena memang nenek tinggal sendirian. Teteh cuma bisa datang sewaktu umur Aa sudah 3 hari. Teteh menatap bahagia kehadiran Aa. Akhirnya keluarga kita memiliki seorang anak laki-laki yang bisa dibanggakan sama Papah dan Mamah. Aa inget nggak, waktu Mamah dan Papah cari nama buat Aa. Teteh ikut bantu nilai nama buat Aa. Teteh ingin nama yang sederhana tapi indah buat Aa. Karena Aa itu kebanggaan keluarga ini. Teteh yakin Aa pasti tahu seberapa bahagianya keluarga ini dengan kehadiran Aa di tengah-tengah kita.

Aa, teteh ingat. Saat Nenek sudah menghadap Sang Pencipta. Teteh sangat merasa kehilangan. Bagaimana tidak. Teteh yang slalu ada buat Nenek. Dan Teteh yakin walau Aa tak terlalu mengenal Nenek tapi Aa pernah bertemu Nenek. Otomatis Aa tahu Nenek.

Aa, di sela-sela kesibukan Teteh sekolah. Teteh di bebani oleh keluarga kita untuk mencuci pakaian kita sekeluarga. Apalagi pakaian kamu yang begitu banyak. Karena Aa kan masih suka mengompol. Trus Aa kan nggak suka kalau di pakaikan pempers. Makanya Aa selalu nangis saat di pakaikan pempers oleh Mamah.

Aa, teteh jadi kangen deh. Kalau Aa mau tidur, biasanya Aa slalu rewel, dan pasti Teteh yang slalu menimang Aa sampai terlelap. Dan itu slalu Teteh lakukan rutin buat Aa. Yah cuma buat Aa.

Saat Teteh di Sekolah, terus Ce putri juga di Sekolah. Aa harus tinggal dengan Papah. Sedangkan Mamah harus mengais Rizki berjualan keliling. Teteh tahu pasti Aa kesepian. Karena pasti Papah tidur. Papah kan capek semalaman belanja. Samapai Aa merangkak kemana-mana Papah tak sadar. Aa menangis kehausan pun Papah tak sadar. Tapi Teteh mohon, Aa jangan marah yah sama Papah dan Mamah. Mereka seperti itu karena untuk kita Aa dan mereka sayang banget sama Aa.

Aa itu slalu jadi kebanggaan keluarga ini. Aa tau kenapa? Karena Aa itu beda dari anak-anak seumuran Aa. Aa sudah pandai bicara. Aa bisa buat Teteh senang saat bareng Aa. Aa bisa buat Papah dan Mamah tidak kerepotan, karena Aa nggak pernah rewel. Aa bikin gemes semua orang yang mengenal Aa.

Siang itu Aa sakit. Teteh dapat SMS dari Papah kalau Papah dan Mamah bawa Aa ke Rumah Sakit dan Teteh diminta jagain Ce Putri. Tahu nggak Teteh dan Ce putri sangat mencemaskan Aa. Aa kuat yah Aa. Karena selama ini Aa kan selalu kuat, Aa bisa bersikap dewasa. Aa tahu dimana saat Aa bisa bersikap manja dan dimana saat Aa dituntut harus dewasa. Tapi malam itu, Papah telephon Teteh. Teteh diminta ke saudara kita untuk menjemput Aa pakai mobil. Rumah Sakit itu tak menyanggupi untuk merawat Aa. Mereka bilang peralatan disana kurang lengkap. Aa tahu? Malam itu Teteh merasakan ketakutan. Entah seperti apa. Tapi Teteh kangen ingin menimang Aa sampai Aa tertidur lelap. Teteh merasa, kalau mungkin Teteh nggak akan bisa menimang Aa lagi. Teteh pun Langsung berlari ke Rumah saudara kita. Malam itu juga Teteh, Ce Putri dan saudara kita menjeput Aa. Kita ke Rumah Sakit di Kota. Aa tahu kan? Padahal Papah dan Mamah tak pegang uang banyak. Tapi kita semua tak peduli A. teteh juga nggak bisa liat muka Aa pucat seperti itu, dengan perut kembung, dan tubuh memar-memar. Aa kenapa? Aa sakit apa?
Teteh cuma dengar, Dokter bilang Aa sakit muntaber. Tapi ko Aa kaya gini. Sesampai di Rumah Sakit Kota. Aa langsung di tidurkan di Ranjang. Aa menangis histeris saat Seorang Perawat berusaha memasukan jarum impus ketangan  Aa. Aa lihatkan mamah menangis lemas melihat keadaan Aa seperti ini. Aa liat kan, biasanya Aa selalu membuat kami tertawa, tapi hari ini Aa membuat kami semua menangis. Aa, tolong, kami mohon Aa harus bertahan. Malam itu teteh dan Ce putri ingin nggak masuk sekolah supaya bisa menemani Aa di Rumah Sakit. Karena Teteh sangat merindukan Aa. Entah mengapa, Teteh ingin banget bersama Aa. Tapi karena Papah tahu besok Teteh dan Ce Putri ada ulangan di Sekolah. Jadi kami terpaksa pulang. Lagian kata Papah kan Sekolahan Teteh dekat dengan Rumah Sakit tempat Aa sekarang di rawat. Jadi besok sepulang sekolah Teteh akan Temani Aa.

Pagi ini sangat berbeda, begitu kelabu. Di Rumah hanya ada Teteh dan Ce Putri. Kami masak sendiri. Mengurus warung sendiri sebelum kami berangkat ke Sekolah. Cuaca hari ini pun mendung. Tapi Teteh yakin Aa bisa bertahan buat kita, keluarga yang slalu membanggakan Aa.

Pas Teteh sedang ulangan Pkn. Tiba-tiba ada Om datang dan masuk ke Kelas Teteh. Om berbisik sesuatu pada ibu guru Teteh. Meilihat dari perubahan mimik wajah ibu guru, kayanya beliau terkejut. Tapi Teteh yakin nggak akan terjadi apa-apa sama Aa. Karena Allah pasti selalu menjaga Aa. Aa kan nggak pernah berbuat salah. Bahkan Aa adalah cahaya kebahagiaan di keluarga kita. Setelah Teteh selesai ulangan, Teteh langsung menghampiri Om. Tapi Om cuma bilang, Aa sudah dalam keadaan baik. Makanya Teteh di minta pulang cepat. Aa tahu? Sewaktu Teteh masuk kelas. Tiba-tiba ada teman Teteh yang bilang, “ Nda, adik kamu meninggal yah?”
Teteh nggak terima dia bilang seperti itu, karena Teteh tahu Aa baik-baik saja. Lalu Teteh jawab dengan lantang “Nggak ko, Orang Aa baik-baik aja. Malah Dokter bilang Aa sudah boleh pulang.”

A, beneran loh Teteh nggak merasa khawatir, bahkan Teteh merasa tenang. Karena Teteh tahu, Allah Pasti selalu menjaga Aa. Sesampai di Rumah Sakit, Teteh bertemu sepupu Teteh, Vina. Dia bilang Aa sudah tenang. Sayangnya hati Teteh tetap merasa begitu tenang. Karena Teteh tahu, Allah selalu menjaga Aa. Sampai pada akhirnya teteh berjalan menghampiri sebuah kamar. Di Pintu Kamar itu ada Papah yang menahan tangis. “Pah, Aa baik-baik aja kan?” Tapi sayangnya Papah nggak ngomong apa-apa. Teteh begitu tenang memasuki kamar itu. Dan Aa tahu apa yang teteh lihat? Teteh lihat Mamah begitu lemas, menangis sambil memeluk Aa yang terbungkus rapat kain batik kesayangan Aa. Yah memang Allah selalu menjaga Aa. Entah apa yang ada di benak Teteh, untuk memeluk Aa saja Teteh tak berdaya.  Teteh hanya mampu menatap kain yang membungkus Aa begitu rapat. Sehingga tak dapat Teteh lihat wajah Aa. Aa, Pasti Aa telah bahagia bersama Allah di Surga. Melebihi kebahagiaan Aa selama ini bersama kita. A maaf, Teteh tak lagi bisa menahan air mata Teteh. Tapi percaya deh, Teteh masih bisa berjalan sendiri, tanpa harus dipapah seperti Mamah yang tak bisa melepaskan pelukannya dari Aa. A, andai waktu bisa di ulang, Teteh ingin dari kemarin bersama Aa. Jika Teteh harus tidak bisa ulangan di Sekolah. Setidaknya Teteh masih punya waktu untuk mengulangnya. Tapi untuk bersama Aa, melihat senyum Aa. Teteh nggak memiliki kesempatan lagi untuk mengulangnya.

Sesampai di Rumah, begitu banyak orang menyambut kedatangan Aa. Tapi bukan senyum kebahagian yang kita rasakan A. Dan Teteh yakin Aa pasti tahu, semua orang menangisi kepergian Aa. Karena Aa adalah cahaya kebahagiaan di keluarga kita. Sampai mamah harus tak sadarkan diri. Dan Teteh yang tak ijinkan ikut memandikan Aa untuk yang terakhir kalinya. Padahal selama ini kan Teteh yang temani Aa mandi. Kita mainan air sama-sama. Tapi kata Papah. Mamah, Teteh dan Ce Putri nggak bisa menahan air mata makanya kita nggak diijinkan memandikan Aa untuk yang terakhir kalinya. Tapi yang lebih kasihan Mamah. Sampai Aa ke tempat peristirahatan terakhir Mamah nggak bisa mengantar. Karena Mamah nggak berdaya, sedangkan Teteh dan Ce Putri masih kuat untuk berjalan mengantarkan Aa. Teteh liat Aa di tutupi tanah. Mereka menginjak-injak tanah yang mulai menggunung. Tapi Aa tetap diam. Aa tak merasakan sakit. Teteh yakin Allah menjaga Aa dengan baik. Aa, kita selalu sayang sama Aa. Kita rindu sama Aa. Aa jangan lupain keluarga kita yah. Terus disana Aa harus selalu tertawa bahagia bersama Allah.

Salam Rindu dari keluarga ini
Buat Aa tersayang di Surga


Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen